Pages

Sabtu, 10 September 2011

(GoVlog-Ramadhan) Kembali Menjadi Bocah


     Sabtu Sabtu Sabtu lalu, saya bersama keluarga, Ayah, Ibu, Nenek, Kakak, Adik, pergi berziarah ke makam Kakek di daerah Padalarang. Setelah kami berziarah, lalu kami semua prgi halalbihalal ke rumah adik Kakek. Keluarga Nenek Eha, cuma saya manggilnya Nin Eha. Orangnya sudah sepuh, 80 tahun. Dia tinggal bersama dengan anaknya, Wa Eken. Sampai sekarang, Wa Eken belom nikah. Katanya Wa Eken diguna-guna sama cowo yang pernah ditolaknya nikah. Jadi Wa Eken itu gagal terus kalau mau ngadain pernikahan. Pas masalah ini mau dituntasin, eeeeh, orang yang dulu ngeguna-gunanya udah meninggal. Jadi deh, guna-guna itu belum hilang. Dan Wa Eken belum nikah sampe sekarang.


     Nin Eha biasa nimatin hari-harinya di kursi roda. Struk udah ngambil kemampuan berdirinya beberapa tahun lalu. Nin Eha itu pikuuuuuun banget. Maklum, sudah sepuh. Tapi itu yang ngebuat saya sama keluarga terus tertawa dengan ulahnya. Saat keluarga saya datang, Nin Eha bertanya (dalam bahasa sunda yg sudah saya translate kedalam bahasa indonesia)

    "Eh, ini teh syapa?" Tanya Nin Eha
    "Ini Emin, istrinya Kang Ule" (Ule itu kakek saya) Jawab nenek saya
    "Oh iya, Emin. Ulenya mana?"
    "Kang Ule kan udah meninggal, udah dua tahun meninggalnya juga." 
    "Innanillahi, kenapa Eha ngga tau? Ngga ada yang ngasih tau Eha, da Eha mah udah ngga dianggap." Ujar Nin Eha dengan mimik shock sedikit marah.

    Lalu anak nya Nin Eha bilang,

    "Ai mamah, kan udah dikasih tau 3 kali lupa aja. Kang Ule udah meninggal. Udah, kalo mamah ngomong mah iya-iya hin aja ya" ujar anaknya yang lain, Om Wawan kepada kami.

     Kami semua hanya tersenyum kecil. Ada satu hobi Nin Eha. Dia menyukai kueh lebih dari apapun. Apalagi saat nuansa lebaran seperti ini, tentu banyak sekali kueh kring yang disediakan. Jadi sekarang rutinitas Nin Eha adalah buka keler, ngambil kueh, buka kaler, ngambil kueh. Padahal dokter ngelarang Nin Eha makan kueh. Wa Eken yang jadi repot ngelarangnya. Sampai-sampai, saat Nin Eha ngeliat Nenek saya melipat tangan, dia menyangka bahwa nenek saya menyembunyikan kueh ditangannya. Dia pun bertanya.

    "Itu kueh apa yang ada di tangan? Eha mau nyoba dong" Padahal Nenek saya tidak menyembunyikan apa pun di tangannya.
    "Itu yang coklat apa? Eha mau, nanti Eha beli kuehnya. Sok ngga apa-apa Eha minta dikiiit aja" Dan yang Nin Eha tunjuk dengan jarinya adalah tas Nenek saya. Saya sendiri bingung, bagaimana bisa Nin Eha menyangka tas sebesar itu adalah kueh??? Wa Eken pun sibuk mengalihkan fikirin Nin Eha agar tidak memikirkan kueh lagi kueh lagi, sementara kami yang melihat itu hanya tertawa.

    "Ini mah kaya ngurus balita. Cuma balitanya udah tua. Udah ngerti ini itu. Jadi susaaah" Kata Wa Eken sambil tertawa kecil. Sejenak, fokus Nin Eha bisa teralihkan. Dia pun melihat-lihat ke dinding, keluar, ke meja, sampai akhirnya, pandangannya jatuh ke Nenek saya. Dan dia pun bertanya,

    "Loh, ini syapa?"
    "Ini kan Emin, istrinya Kang Ule"
    "Oh iya Emin, kapan datangnya? Mana Ule na?"
    "Kan Kang Ulenya sudah meninggal dua tahun yang lalu"
   
    Ternyata Nin Eha lupa kalau ada keluarga kami, walaupun kami semua duduk disekitarnya dan mengobrol dengan dia daritadi. Kontan saya, ibu saya dan nenek saya tertawa. Adik saya malah sampai terbahak-bahak karena tidak tahan dengan kepikunan Nin Eha. Jadi, seperti apa saat kita tua nanti?



Nih, yang namanya Nin Eha yang duduk di kursi roda pake kerudung Hijau







2 komentar:

asaz mengatakan...

kalau sepuh kita yang sudah tua akan menjadi ujian bagi anak cucu yang masih muda

GaL mengatakan...

Selamat! Baca link pengumuman #GoVlog >> http://t.co/MpgJ8jVR

Posting Komentar